Bagaimana Menyeduh Teh Agar Memiliki Rasa yang Sempurna?

Halo Food Lovers


Minum Teh merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan. Selain menyegarkan, teh memiliki khasiat yang luar biasa. Orang biasanya selalu meminum teh pada saat akan memulai aktivitas atau disela-sela waktu santai bersama teman atau keluarga tercinta.

Kandungan essential oil yang terdapat pada teh daapt memberikan manfaat untuk melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan. 

Terkait berat badan, sebuah studi pada tahun 2011 di Journal Obesity menemukan bahwa tikus yang diberikan diet tinggi lemak dan diberikan senyawa yang terdapat pada teh hijau memiliki laju pertumbuhan berat badan yang lebih lambat dibandingkan pada tikus yang tidak di berikan senyawa tersebut.

Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau benar-benar dapat mengganggu pembentukan lemak dalam tubuh yang dapat menambah berat badan. Namun penting untukmu ketahui bahwa teh hijau instan harus di hindari, karena banyak mengandung gula, lebih baik merebus sendiri teh hijau buatanmu.

Kandungan polifenol pada teh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah, yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung dan stroke. Gumpalan darah yang tidak diinginkan terbentuk dari kolesterol, dalam jumlah besar akan menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kandungan flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin pada teh dapat menurunkan tekanan darah dan pengerasan arteri yang berbanding lurus kesehatan jantung.

Minum teh dapat membantu menjaga arterimu agar bebas dari sumbatan, hal ini juga dapat membuat buang air kecil akan lebih teratur. Sebuah studi dari Belanda menemukan bahwa minum 2-3 cankir teh hitam setiap hari  mengurangi risiko 70 % terkena serangan jantung fatal dari pada orang yang tidak meminum teh.

Lalu bagaimana menyeduh teh agar memiliki rasa yang sempurna?

Seperti yang dilansir dari Vemale.com,  Pakar teh yang bernama Neil Phillips menyatakan mayoritas hanya menghabiskan waktu lebih kurang selama dua menit untuk menyeduh teh mereka. Padahal waktu yang paling ideal dalam menyeduh teh adalah selama empat menit. Ini karena teh perlu waktu yang cukup lama untuk mengeluarkan aroma dan juga cita rasa yang kuat.

Waktu empat menit itu berlaku untuk teh hitam, jika kamu menyeduh teh hijau tidak perlu menghabiskan waktu selama empat menit karena teh hijau diyakini memiliki aroma dan cita rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan teh biasa. 

Tidak cuma masalah waktu saja Ladies, pemilihan cangkir juga bisa mempengaruhi rasa teh. Hindari menggunakan cangkir yang terbuat dari tanah liat. Sebaiknya pilih cangkir yang terbuat dari porselen. Ini untuk menghindari perubahan pada rasa dan meminimalisir terjadinya keretakan pada cangkir teh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.