5 Kuliner Enak Khas Palembang yang Harus Dicoba


Halo Food Lovers

Palembang, kota kedua terbesar di Sumatera setelah kota Medan ini selain memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, juga memiliki beragam kuliner khas Palembang yang bisa untuk Anda coba pada saat singgah atau melakukan perjalanan di Palembang.

Ingin tahu apa saja kuliner Palembang yang yang bisa dicicipi kelezatannya? Simak ulasan berikut:

1. Tempoyak


Bentuk kuliner Palembang satu ini seperti halnya sambal yang masih memiliki tekstur yang kasar, terbuat dari daging buah durian, irisan cabai, serta bawang, menghasilkan perpaduan rasa yang unik dan sangat gurih. Bisa disantap dengan nasi, hidangkan saat hangat. Jika Anda berkunjung ke Palembang, jangan lupa untuk hunting kuliner satu ini ya!

2. Lenggang


Panganan khas Palembang satu ini terbuat dari ikan yang dicampur dengan telur yang terlebih dahulu sudah dikocok, tahap selanjutnya diletakkan pada wadah dari daun pisang, setelah itu dimasak dengan cara dipanggang menggunakan arang hitam. Cara memasak yang tradisional ini membuat aroma yang dikeluarkan oleh panganan ini harum dan sangat menggoda untuk dicicipi.

3. Tekwan


Makanan khas Palembang satu ini terbuat dari ikan sebagai bahan dasarnya. Daging ikan dicampur dengan sagu yang dibentuk kecil-kecil seperti bakso ikan, disiram dengan kuah udang dalam keadaan hangat, ditambahkan jamur kuping dan soun sebagai bahan penyusunnya membuat panganan ini sangat lezat.

4. Laksan


Tersusun dari bahan dasar pempek lenjer tebal dan dipotong secara melintang dan kemudian disajikan dengan kuah santan yang pedas, membual laksan sangat lezat untuk disantap bersama nasi. Seperti kebanyakan makanan di Palembang, bahan dasar pembuat laksan ini adalah ikan yang sangat lezat.

5. Pempek


Tidak lengkap rasanya bagi Anda jika berkunjung ke Palembang tidak mencicipi kenikmatan rasa pempek asli yang sangat terkenal ini. Sekarang ini penyebaran pempek sudah sangat merata di seluruh Indonesia, tak hanyak di Palembang saja, bahkan di kota-kota kecil. Pempek dibuat sangat bervariasi, contohnya saja, pempek keriting, telor, lenjer, dan masih banyak lainnya. Jangan lupa untuk memakannya bersama dengan hirup cuko (saus yang bisanya digunakan untuk menambah rasa yang sedap saat menyantap pempek).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.