5 Menu Masakan Sederhana Tapi Enak dan Bergizi

Hai Food Lovers

Banyak orang berpikir praktis bagaimana membuat menu masakan yang bisa disantap dengan cepat. Namun tidak semua makanan bisa disajikan dengan cepat dan praktis. Jika ada juga pasti rasanya kurang enak.

Nah kali ini Ngefood akan memberikan ulasan tentang 5 Menu Masakan Sederhana Tapi Enak dan Bergizi. Semoga bisa menjadi referensi buat kamu yang sibuk dengan padatnya kegiatan sehari-hari.

1. Sandwich Sederhana


Makanan pertama yang sederhana namun memiliki citarasa enak dan tentunya adalah Sandwich Sederhana

Sandwich atau biasa dikenal dengan roti isi ini termasuk dalam salah satu menu sarapan yang sehat dan bergizi. Karena didalam satu buah sandwich sudah terdapat daging, sayuran, telur, maupun keju yang sangat baik bagi kebutuhan tubuh, khususnya pada waktu pagi hari. Untuk itu bunda perlu mencobanya sebagai menu sederhana yang enak, mudah dan praktis.

Apalagi bahan untuk membuat sandwich ini juga bisa dibilang sangat mudah untuk didapatkan. Jadi hanya dengan bahan seadanya bunda sudah dapat membuat sarapan atau bekal sekolah yang menyehatkan.

2. Telur Dadar Tahu


Ini menu masakan sederhana yang Ngefood rekomendasiin buat kamu yang sibuk. Telur Dadar Tahu.

Selain bisa disajikan dengan cepat, telur dadar yang dicampur tahu ini mengandung protein yang tinggi. Tentunya bergizi dan bisa menambah energi untuk menunjang kegiatan Kamu sehari-hari. 

Dalam pemilihan tahu, gunakan tahu cina yang lebih padat dari tahu telur atau tahu sutra agar masakan jadi bertekstur.

Tahu bisa dipotong kubus kecil sekali. Jika potongannya besar, jumlah telur wajib diperbanyak.

Tahu juga bisa dipotong tipis melebar dan ditata di pan. Gunakan pisau yang tajam sekali untuk memotongnya. Kita juga bisa menghaluskan tahu agar telur lebih tebal dan adonannya menyatu.

3. Orak Arik Sayuran


Resep makanan yang ketiga adalah Orak arik sayuran. Pembuatannya sangat sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama. Jadi cocok buat kamu yang punya aktivitas tinggi.

Di dalam resep orak arik sayuran, selain terkandung telur, juga terdapat berbagai sayuran. Kamu tidak perlu repot mempersiapkan hidangan lauk dan sayur saat sahur, cukup dengan satu resep praktis, maka kebutuhan akan protein dan serat akan cukup terpenuhi.

Selain dihidangkan dengan nasi putih hangat, orak-arik sayuran juga bisa disandingkan dengan roti tawar yang dipanggang. Bisa juga disajikan dengan kentang rebus sebagai sumber karbohidratnya. Saat berpuasa, karbohidrat dari roti gandum dan kentang akan memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama dibandingkan karbohidrat yang bersumber dari nasi atau mi. Selain itu, variasi sumber karbohidrat bisa juga mengatasi rasa bosan.

Dalam mempersiapkan resep orak arik sayuran ini, waktu terlama yang dibutuhkan adalah saat memotong-motong sayuran. Oleh sebab itu, jika khawatir waktu saat sahur tidak mencukupi untuk memotong, kamu bisa mempersiapkan sayuran sebelum tidur. Simpan sayuran yang sudah dipotong-potong halus dalam wadah kedap udara, dan simpan dalam kulkas.

4. Tahu Telur Kecap


Rekomendasi masakan yang keempat adalah Tahu Telur Kecap. Cukup simple namun punya citarasa yang enak dan tentunya bergizi. 

Sajian tersebut akan ada tahu yang telah dipotong kecil-kecil, telur ceplok, beberapa irisan kol yang disiram dengan bumbu kacang. Hanya membayangkan saja akan membuat Kamu menjadi lapar.

Saus kacangnya masih setengah kental yang rasanya tidak hanya manis namun juga gurih dan sedap. Makanan ini sesungguhnya mudah dibuat dan tidak butuh waktu yang lama untuk membuatnya.

Seperti juga resep tahu tek atau tahu campur, resep tahu telur enak spesial yang akan kita buat kali ini juga menggunakan bahan utama berupa tahu putih yang masih baru. Ya, sebaiknya menggunakan tahu yang masih baru atau fresh dan jangan menggunakan tahu yang sudah berumur lebih dari satu hari karena nanti hasilnya akan berbeda. 

Selain itu, tahu yang sudah berumur juga dikhawatirkan sudah mempunyai bibit bau yang agak kecut saat digoreng bersama dengan telur ayam dan bumbu lainnya. Tentu kita tidak mau bukan selera makan semua anggota keluarga yang sudah timbul jadi hilang karena rasa tahunya yang kurang enak.


5. Capcay


Dan yang terakhir yang bisa Ngefood rekomendasikan buat kamu adalah Capcay. Capcay merupakan hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. 

Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa capcay harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti "sepuluh sayur". Cap di dalam dialek Hokkian juga berarti "sepuluh", dan cay berarti sayur.

Capcay juga memiliki bahan dasar yang gampang yaitu sayur – sayuran seperti sawi putih, sawi hijau, dan bunga kol, serta tambahan sayuran lainnya. Untuk adonan tepungnya, kamu bisa goreng tepung yang telah diberi bumbu atau potongan kecil ayam. 

Tumis bawang putih dan kemiri yang telah dihaluskan, setelah itu masukkan semua sayur, tambahkan saos sambal dan sedikit saos kecap jika suka. Capcay sangat bernutrisi karena kaya akan kandungan gizi dalam sayurannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar. Komentar yang bersifat SPAM tidak akan di approve.